Jumat, 25 Oktober 2019

Generasi Prosessor AMD

     AMD K5 


     K5 adalah prosesor x86 pertama AMD yang sepenuhnya dikembangkan sendiri. Diperkenalkan pada bulan Maret 1996, kompetisi utamanya adalah mikroprosesor Intel Pentium . K5 adalah desain yang ambisius, lebih dekat ke Pentium Pro daripada Pentium mengenai solusi teknis dan arsitektur internal. Namun, produk akhir lebih dekat dengan Pentium mengenai kinerja, meskipun jam-jam lebih cepat dibandingkan dengan Pentium. Ada dua model arsitektur K5, yang secara internal disebut SSA / 5 dan 5k86, keduanya dirilis dengan label K5.


     AMD K6     


     Mikroprosesor K6 diluncurkan oleh AMD pada tahun 1997. Keuntungan utama mikroprosesor ini adalah bahwa ia dirancang agar sesuai dengan desain desktop yang ada untuk CPU bermerek Pentium. Itu dipasarkan sebagai produk yang dapat melakukan serta Intel Pentium II yang setara tetapi dengan harga yang jauh lebih rendah. K6 memiliki dampak yang cukup besar pada pasar PC dan menghadirkan persaingan serius dengan Intel.
      Model :
  • AMD K6 ( NX686 / Little Foot ) (1997)
  • AMD K6-2 ( Chompers / CXT )
    • AMD K6-2-P ( Mobile K6-2 )
  • AMD K6-III ( Sharptooth )
    • AMD K6-III-P
  • AMD K6-2 +
  • AMD K6-III +


AMD Duron

AMD Duron
     AMD Duron dikeluarkan pada tahun 2000 di mana awalnya bernama Spitfire Thunderbird. Pada zamannya AMD duron ini menjadi salah satu prosesor paling tinggi. Apalagi dengan harganya yang sangat terjangkau serta kinerjanya yang cukup memuaskan. Namun saat ini produksi dari prosesor AMD duron sudah dihentikan.

AMD Athlon

AMD Athlon
     Setelah AMD merilis dan sukses dengan prosesor AMD duron, kemudian generasi berikutnya ada AMD athlon. ini adalah jenis prosesor AMD micro dengan kualitas yang cukup tinggi, bahkan masuk produk unggulan dari AMD.
     Pada saat itu processor AMD athlon bersaing dengan prosesor Intel Pentium 3 yang cukup mendominasi pasar. Namun ternyata AMD athlon mampu mengungguli dengan bagian sistemnya yang bisa menggunakan multiprocessor. Sehingga memungkinkan satu komputer untuk menggunakan dua prosesor AMD athlon secara bersamaan.
     AMD Athlon mencapai ambang maksimal 1000 MHz ata 1 GHz terlebih dahulu sebelum akhirnya disamai oleh Intel Pentium Coppermine 1 GHz. Keunggulan awal ini memberikan predikat Processor of The Year 2000 pada AMD Athlon.
      AMD Athlon dan AMD Athlon Profesional memang sengaja dirancang untuk mengimbangi prosesor Intel Pentium II Xeon dan Intel Pentium III Xeon. Athlon unggul pada system bus aristekturnya, sementara Xeon unggul pada cache level-2 untuk cache.
      Varian/Jenis AMD Athlon berikut spesifikasinya saat awal pengembangan
  • AMD Athlon Classic, kecepatan prosesnya 100 MHz (double pumped), V.Core 1.6 V (K7, Clock Rate 500-700 MHz, keluaran awal Juni 1999), V.Core 1.6 - 1.8 V (K75, Clock-rate 550-1000 MHz, dirilis Nopember 1999)
  • AMD Athlon Thunderbird (180nm), kecepatan proses 700-1400 MHz, boros daya dan suhu tinggi, menggunakan MMX 3DNow!. Athlon Thunderbird diklaim menyaingi Intel Pentium III
  • AMD Athlon XP eXtrime Power (130nm), kompatibel dengan RAM DDR/SDRAM 100, 133, 166, 200 MHz. Instruksi processor menggunakan 3DNOW! (support Intel x86 Compatibility Intel MMX-SSE/SSE2), Clock Speed tersedia dalam 3 rentang (1500+ sd 2000+, 2200+sd 3000+, 3200+)
  • AMD Athlon Palomino, dengan Clockrate 133-1733 MHz (1500+ sd 2100+), menggunakan MMX 3DNOW!, Streaming SMID Extension/SSE (rilis awal Oktober 2001)
  • AMD Athlon Thoroughbred tipe A/B (130nm), memiliki Clock-rate untuk T-Bred A 1400 MHz-1800 MHz (1600+ sd 2200+) dan untuk T-Bred B 1400 MHz-2250 MHz (1600+ sd 2200+)
  • AMD Athlon Thorton, memiliki Clock-rate 166MHz-2200 MHz (2000+ sd 3100+), menggunakan MMX 3DNOW! dan SSE


AMD Athlon 64 X2

AMD Athlon 64 X2
     Melihat dari kesuksesan AMD athlon maka perusahaan ini pun membuat versi athlon 64. Tentu keduanya memiliki perbedaan yang sangat mencolok dibagian versi soketnya.Pada prosesor AMD athlon 64 terdapat 3 socket yang berbeda yaitu 754, 939, dan 940. Ketiga socket tersebut juga memiliki fungsi yang berbeda-beda.
     Untuk bagian socket 754 terdapat kontroler yang mendukung bagian memori DDR, bagian socket 939 terdapat memori pengatur yang mendukung memori multi-channel.
Keunggulan lainnya dari prosesor AMD generasi ini yaitu dapat ber sinkronasi dengan komputer yang menerapkan sistem operasi 64-bit.

AMD Athlon 64 FX

AMD Athlon 64 FX
     Sekuel dari AMD athlon ternyata tidak berhenti di athlon 64. AMD juga merilis versi AMD athlon 64 FX.Jenis prosesor AMD ini bekerja dengan baik pada komputer yang menggunakan sistem operasi 32 bit maupun 64-bit. Keunggulan yang paling mencolok dari processor AMD ini yaitu ada antivirus di dalamnya, yaitu menggunakan Antivirus Enhanced Virus Protection.
     Processor AMD ini sangat recommended digunakan pada komputer yang sering digunakan aplikasi atau software yang berkaitan dengan grafis tinggi seperti software video, audio maupun game. Beberapa varian AMD Athlon 64 FX antara lain AMD Athlon 64 FX, AMD Athlon FX 51, AMD Athlon FX 53, AMD Athlon FX 57.

AMD Sempron

AMD Sempron
     AMD sempron dirilis sebagai pesaing processor Intel yaitu Intel Celeron. processor AMD ini memiliki dua jenis socket yang digunakan yaitu socket dan socket 754.
     AMD Sempron didesain dengan name code Palermo. Beberapa varian AMD Sempron untuk sistem operasi 64 bit memang tidak dirilis, sehingga AMD Sempron hanya bisa digunakan untuk perangkat dengan sistem operasi 32 bit.

AMD 64 X2 Dual Core

     Sebagai pengguna komputer mungkin anda sudah tidak asing dengan istilah dual core bukan? Processor dari AMD ini memang bertujuan sebagai pesaing dari intel yang merilis versi core duo. Prosesor AMD yang satu ini dapat berjalan pada komputer dengan sistem operasi 64-bit. Target pasar dari prosesor ini adalah penggunaan yang lebih banyak menggunakan komputernya untuk pekerjaan multimedia secara rutin.

AMD Opteron

AMD Opteron
     Generasi yang selanjutnya ada AMD opteron dia lebih fokus pada komputer server maupun workstation. Processor AMD ini didesain untuk mengimbangi prosesor Intel Xeon untuk pasar worksatation dan Intel Itanium untuk pasar High-End. AMD Opteron unggul dari kinerja tiap watt yang digunakan (performance/watt) dibandingkan Intel Xeon, namun masih belum bisa menandingi Intel Itanium untuk efisiensi. AMD opteron memiliki dua cache yang berbeda yaitu level 1 dan level 2. Perbedaan keduanya terletak dari besaran data yang digunakan dimana pada level 1 datanya sebesar 128 KB sedangkan pada level 2 menggunakan data sebesar 1024 KB.

AMD Phenom 

     AMD Phenom adalah processor berinti enam (hexa-core). Kemunculan AMD Phenom ini untuk mengimbangi pesaingnya yang sudah merilis prosesor heksa-core. Pada saat rilisnya dengan dua varian Phenom II X6 sekaligus (Phenom II X6 1055T dan Phenom II 1090T) AMD juga memanfaatkan momen tersebut untuk meluncurkan chipset terbaru (saat itu) tipe 890GX/FX sebagai pendamping varian Phenom II tersebut.
      Processor ini memiliki spek socket tipe AM3 (938 pin), clock-speed 3200 MHz (3600-Turbo), jumlah inti 6 core dengan nama core Thuban. Cache memory L1 (128 Kb x6), L2 (512 Kb x6) dan L3 (6 Mb shared).

AMD APU FM 1 (Llanno) dan AMD APU FM 2 (Trinity) 

 

     Accelarated Processing Unit (APU) adalah inovasi AMD untuk processor dengan teknologi CPU dan GPU dalam satu badan. AMD APU mempunyai arsitektur unik yaitu memiliki modul CPU AMD, cache, dan discrete-class graphics processor yang bisa secara otomatis mengolah kerja CPU dan GPU tergantung pada kebutuhan kerja. Dengan kata lain, AMD APU adalah processor yang digabungkan dengan VGA bawaan dalam satu buah processor.
      AMD APU generasi pertama  adalah Llano (FM 1) untuk processor grafis/APU berkinerja tinggi serta Brazos untuk perangkat dengan daya rendah (2011). AMD APU generasi kedua (FM 2)  yaitu Trinity untuk perangkat berkinerja tinggi dan Brazos-2 untuk perangkat dengan daya rendah. AMD APU (FM 1 dan FM 2) sendiri dirancang untuk segmen pasar low-end dan menengah.


AMD Cadiz

AMD Cadiz
     Prosesor ini dibuat sekitar tahun 2008 dengan memiliki inti sebanyak 4 core. Processor AMD yang ini juga dirancang menggunakan Hypertransport 3, L2 cache dan DDR2/3.




AMD Turion - Processor AMD Hemat Daya 

     AMD Turion adalah processor AMD yang berjalan pada sistem 64 bit. Processor Turion ini hemat daya, dengan code name K8L. AMD Turion memiliki varian AMD Turion 64 X2 Ultra, AMD Turion Ultra II, AMD Turion II, AMD Zamora, AMD Greyhound, dan AMD untuk varian quad-core.



AMD Bulldozer - Processor FX -Series Dengan Teknologi SOI (Silicon On Insulator)

 

      AMD Bulldozer adalah processor AMD yang tediri atas model dengan empat core, enam core dan delapan core. Jenis tersebut yaitu AMD FX4000, FX6000 dan FX8000 dengan arsitektur Bulldozer. Ketiga varian model ini juga dikenal dengan code name Zambesi. AMD Bulldozer dengan model dan variannya ditujukan untuk segmen desktop High-End. Setiap model tersebut juga memiliki varian masing-masing. Processor ini dirancang untuk mengimbangi Intel i7 (seri 9000).
      Teknologi terbaru yang ditanamkan pada processor ini adalah unit pengolahan baru Flex FP floating point. Nilai TDP (Thermal Design Power) yang dimiliki bekisar 95 W- 125W. Khusus unutk chip Bulldozer delapan core juga menawarkan peningkatan performa hingga 50% dibandingkan AMD Phenom II untuk menjalankan aplikasi multi media. Selain itu processor AMD versi ini sudah support memory dual channel DDR3 1866 MHz, sudah menggunakan teknologi Turbo Core dynamic acceleration dengan ketersediaan form factor tipe AM3+. Kecepatan proses yang dimiliki AMD Zambezi berkisar antara 3,6 GHz hingga 3,9 GHz (kondisi semua core aktif atau kondisi turbo) dengan kecepatan Max Turbo 4,2 GHz.

AMD Orochi

AMD Orochi "Bulldozer"
     AMD ini adalah generasi terbaru dari prosesor AMD untuk pasar desktop high end. Konstruksinya masih menggunakan dari arsitektur bulldozer. Bisa dibilang prosesor dari AMD ini digunakan untuk mendukung perangkat komputer dengan spesifikasi tinggi.

AMD RYZEN

     Keluarga AMD Ryzen adalah keluarga mikroprosesor x86-64 dari AMD , berdasarkan mikroarsitektur Zen . Lineup Ryzen termasuk Ryzen 3, Ryzen 5, Ryzen 7, Ryzen 9, dan Ryzen Threadripper dengan hingga 32 core. Semua jenis Ryzen memiliki pengganda yang tidak dikunci kecuali Ryzen 3 yang mendukung Simultan Multithreading (SMT).
     Ryzen diluncurkan bersamaan dengan sederet pendingin saham untuk Socket AM4: Wraith Stealth, Wraith Spire dan Wraith Max. Baris ini menggantikan pendingin AMD Wraith asli, yang dirilis pada pertengahan 2016. Wraith Stealth adalah unit profil rendah yang dibundel yang dimaksudkan untuk CPU kelas bawah dengan peringkat TDP 65 W, sedangkan Wraith Spire adalah pendingin arus utama yang dibundel dengan peringkat TDP 95 W, bersama dengan opsional Pencahayaan RGB pada model tertentu. Wraith Max adalah pendingin yang lebih besar yang menggabungkan heatpipe , diberi peringkat untuk TDP 140W. 
 
1. AMD Ryzen™ Processors Series dengan Radeon™ Vega Graphics. Varian dari processor AMD ini adalah :
  • AMD Ryzen™ Threadripper™ Processors, dari 8 hingga 16 cores, cache memory dari 20MB hingga 40 MB, dengan lebih dari 32 processing threads
  • AMD Ryzen™ 7 Processors, memiliki 8 core, 16 processing threads dan memory cache 20 MB
  • AMD Ryzen™ 5 Processors, dengan 4-6 cores, mencapai 12 processing threads, memiliki 10 MB-16 MB memory cache, serta Radeon™ Vega graphics.
  • AMD Ryzen™ 3 Processors, memiliki 4 cores, 10 MB cache dan Radeon™ Vega graphics.

2. AMD Ryzen™ 7 PRO Series. Varian/model AMD seri ini adalah :
  • AMD Ryzen™ 7 PRO 1700X, Core CPU 8 core, Clock Speed: 3.4GHz, Max Turbo Core Speed  3.8GHz,  Default TDP / TDP: 95W
  • AMD Ryzen™ 7 PRO 1700 dengan Core CPU 8, Clock Speed 3GHz, Max Turbo Core Speed  3.7GHz, Default TDP / TDP 65W
  • AMD Ryzen™ 5 PRO 1600, memiliki CPU dengan 6 core, Clock Speed 3.2GHz, Max Turbo Core Speed 3.6GHz, Default TDP / TDP: 65W
  • AMD Ryzen™ 5 PRO 1500 memiliki CPU Cores 4 inti, Clock Speed 3.5GHz, Max Turbo Core Speed 3.7GHz, Default TDP / TDP: 65W
  • AMD Ryzen™ 3 PRO 1300, jumlah inti 4 core, Clock Speed 3.5GHz, Max Turbo Core Speed 3.7GHz, Default TDP / TDP 65W
  • AMD Ryzen™ 3 PRO 1200 CPU Cores 4 inti, Clock Speed 3.1GHz, Max Turbo Core Speed 3.4GHz, Default TDP / TDP 65W
3. Varian AMD Ryzen™ Threadripper™ Series. Model terbaru jenis prosesor seri ini yaitu :
  • AMD Ryzen™ Threadripper™ 1950X Processor, jumlah inti 16 core, Clock Speed 3.4GHz, Max Turbo Core Speed 4GHz, Default TDP / TDP: 180W
  • AMD Ryzen™ Threadripper™ 1920X Processor berinti 12, Clock Speed: 3.5GHz, Max Turbo Core Speed 4GHz, Default TDP / TDP 180W
  • AMD Ryzen™ Threadripper™ 1900X Processor memiliki 8 core, Clock Speed: 3.8GHz, Max Turbo Core Speed 4GHz, Default TDP / TDP 180W
Pada bulan Mei 2017, AMD mendemonstrasikan APU mobile Ryzen dengan empat core CPU Zen dan GPU berbasis Radeon Vega. APU mobile Ryzen pertama secara resmi dirilis pada Oktober 2017.
     Pada Januari 2018, AMD mengumumkan dua prosesor desktop Ryzen pertama dengan grafis Radeon Vega terintegrasi di bawah nama kode Raven Ridge. Ryzen 3 2200G dan Ryzen 5 2400G dirilis pada bulan Februari. Prosesor Raven Ridge lainnya ditambahkan kemudian pada tahun itu, dengan produk entry level paling dasar muncul di bawah branding Athlon yang diluncurkan kembali dan dengan clockspeed yang dikunci

CPU: Pinnacle Ridge (Ryzen) dan Colfax (Ryzen Threadripper)

      Yang pertama dari seri produk Ryzen 2000 berdasarkan pada arsitektur mikro +12nm, kode bernama Pinnacle Ridge dan menampilkan teknologi Precision Boost 2 yang ditingkatkan, diumumkan untuk preorder pada 13 April 2018 dan diluncurkan enam hari kemudian. Pendingin Prisma Wraith yang baru dibundel dengan Ryzen 7 2700X. Yang pertama dari seri 2000 produk Ryzen Threadripper, memperkenalkan teknologi Precision Boost Overdrive, diikuti pada bulan Agustus.

APU: Picasso

Picasso adalah refresh 12nm dari Raven Ridge, menawarkan sedikit peningkatan kecepatan clock (hingga 300MHz tambahan tambahan), Precision Boost 2, peningkatan hingga 3% pada IPC dari perpindahan ke inti Zen + dengan cache yang dikurangi dan cache latensi memori, dan bahan antarmuka termal solder baru ditambahkan untuk bagian desktop.
 
 

CPU: Edit Matisse (Ryzen) dan Castle Peak (Ryzen Threadripper)

      Pada 27 Mei 2019, AMD meluncurkan prosesor Ryzen generasi ketiga menggunakan arsitektur Zen 2 berbasis chiplet di Computex, Taipei . Desain chiplet memisahkan inti CPU, dibuat pada proses 7nm TSMC , dan I / O, dibuat pada proses 12nm GlobalFoundries , dan menghubungkannya melalui Infinity Fabric . Seri Ryzen 3000 menggunakan soket AM4 yang sama seperti model sebelumnya dan merupakan CPU pertama yang menawarkan konektivitas PCIe versi 4. Arsitektur baru ini menawarkan peningkatan instruksi-per-jam (IPC) 15% dan pengurangan penggunaan energi. Peningkatan lainnya termasuk penggandaan ukuran cache L3, cache instruksi L1 yang dioptimalkan ulang, op yang lebih besar. cache, gandakan kinerja floating point, prediksi cabang yang ditingkatkan, dan pre-fetching instruksi yang lebih baik. SKU enam, delapan dan 12 inti menjadi tersedia secara umum pada tanggal 7 Juli 2019. Pada tanggal 20 September, 2019 AMD mengumumkan bahwa prosesor Ryzen Threadripper generasi ketiga dengan jumlah inti mulai dari 24 akan diluncurkan pada bulan November.


Referensi
  • wikipedia.org. List of AMD microprocessors. Diakses pada 24 Oktober 2019. https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_AMD_microprocessors
  • wikipedia.org. Ryzen. Diakses pada 24 Oktober 2019. https://en.wikipedia.org/wiki/Ryzen
  • teknoplug.com. CPU AMD dan Macam Jenisnya, Serta Prosesor AMD Terbaru. Diakses pada 24 Oktober 2019. https://www.teknoplug.com/2018/01/jenis-macam-processor-amd-dan-cpu-gpu-amd-terbaru.html?m=1

  




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar