Selasa, 22 Oktober 2019

Perkembangan Komputer Generasi 1 - Generasi 5

Generasi Pertama: Tabung Vakum (1940-1956)
     Sistem komputer pertama menggunakan tabung vakum untuk sirkuit dan drum magnetik untuk  memori, dan seringkali sangat besar, mengambil seluruh ruangan. Komputer ini sangat mahal untuk dioperasikan dan selain menggunakan banyak listrik, komputer pertama menghasilkan banyak panas, yang sering menjadi penyebab kegagalan fungsi.
     Komputer generasi pertama mengandalkan bahasa mesin, bahasa pemrograman terendah yang dipahami oleh komputer untuk melakukan operasi, dan mereka hanya bisa menyelesaikan satu masalah pada satu waktu. Membutuhkan waktu berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu untuk mempersiapkan masalah baru. Input berdasarkan pada kartu yang dilubangi dan pita kertas, dan output ditampilkan pada cetakan.
     Beberapa kontribusi utama komputer generasi-1:
  1. Menggunakan tabung hampa untuk pemrosesan dan penyimpanan
  2. Memori kecepatan tinggi bersama untuk program dan data
  3. Menggunakan memori utama cepat dan memori sekunder lambat
  4. Menggunakan instruksi input-output
  5. Pertama diperkenalkan ferrite core memory
  6. Pertama diperkenalkan bahasa rakitan untuk menghindari kebosanan pemrograman bahasa mesin 
A UNIVAC computer at the Census Bureau. 


Generasi Kedua: Transistor (1956-1963)
     Pada generasi ini transistor mengganti tabung vakum .Transistor ditemukan di Bell Labs pada tahun 1947 tetapi tidak melihat penggunaan luas di komputer sampai akhir 1950-an.
   Transistor jauh lebih unggul daripada tabung vakum, memungkinkan komputer menjadi lebih kecil, lebih cepat, lebih murah, lebih hemat energi dan lebih dapat diandalkan daripada generasi pendahulunya. Meskipun transistor masih menghasilkan banyak panas yang menyebabkan komputer rusak, itu adalah peningkatan besar pada tabung vakum. Komputer generasi kedua masih mengandalkan kartu berlubang untuk input dan cetakan untuk output.
     Beberapa kontribusi utama komputer generasi ke-2:
  1. Menggunakan transistor yang lebih kecil dan juga hemat daya dibandingkan tabung hampa
  2. Produksi dan pemeliharaannya lebih mudah
  3. Menggunakan Printed Circuit Board (PCB) sebagai pengganti sirkuit pengkabelan yang bersifat lebih modular yang memudahkan melakukan penggantian
  4. Menggunakan pemrograman bahasa tingkat tinggi yang merupakan lompatan yang besar untuk komputer generasi kedua ini
An early Philco Transistor (1950's) 
Generasi Ketiga: Sirkuit Terintegrasi (1964-1971)
     Pengembangan sirkuit terintegrasi(IC) adalah ciri khas komputer generasi ketiga. Transistor miniatur dan ditempatkan pada chip silikon, yang disebut semikonduktor, yang secara drastis meningkatkan kecepatan dan efisiensi komputer.
     Pengguna berinteraksi dengan komputer generasi ketiga melalui keyboard dan monitor dan berinteraksi dengan sistem operasi, yang memungkinkan perangkat untuk menjalankan banyak aplikasi yang berbeda sekaligus dengan program sentral yang memantau memori. Komputer untuk pertama kalinya menjadi dapat diakses oleh khalayak ramai karena mereka lebih kecil dan lebih murah daripada pendahulunya.
     Beberapa kontribusi utama komputer generasi ketiga:
  1. Penemuan chip IC yang merupakan sukses besar dalam bidang elektronika untuk membangun sistem mikroelektronika
  2. Dominasi minicomputer membuat kesempatan kerja yang lebih banyak untuk komputer professional
  3. IC mempunyai banyak keuntungan dibandingkan komponen diskrit, misalnya ukurannya kecil,kecepatan lebih tinggi, biaya rendah, meningkatkan keandalan(reliability) 
Tahukah kamu... ? Sirkuit terpadu (IC) adalah perangkat elektronik kecil yang terbuat dari bahan semikonduktor. Sirkuit terintegrasi pertama dikembangkan pada 1950-an oleh Jack Kilby dari Texas Instruments dan Robert Noyce dari Fairchild Semiconductor.

Generasi Keempat: Mikroprosesor (1971-Sekarang)
     Mikroprosesor membawa komputer generasi keempat, karena ribuan sirkuit terintegrasi dibangun ke dalam satu chip silikon. Apa yang pada generasi pertama memenuhi seluruh ruangan sekarang bisa muat di telapak tangan. Chip Intel 4004, yang dikembangkan pada tahun 1971, menempatkan semua komponen komputer — dari unit pemrosesan pusat dan memori hingga kontrol input / output — pada satu chip tunggal.
     Pada 1981 IBM memperkenalkan komputer pertamanya untuk pengguna rumahan, dan pada 1984 Apple memperkenalkan Macintosh. Mikroprosesor juga pindah dari ranah komputer desktop dan memasuki banyak bidang kehidupan karena semakin banyak produk sehari-hari mulai menggunakan mikroprosesor.
     Ketika komputer kecil ini menjadi lebih kuat, mereka dapat dihubungkan secara bersamaan untuk membentuk jaringan, yang akhirnya mengarah pada perkembangan Internet. Komputer generasi keempat kita juga dapat melihat perkembangan GUI, mouse, dan perangkat seluler.
     Beberapa kontribusi utama komputer generasi keempat:
  1. Penemuan Microprosesor oleh Intel melahirkan microcomputer
  2. Penggunaan home computer dan personal computer yang lebih luas, misalnya untuk pelaku bisnis kecil dan lain-lain
Intel's first microprocessor, the 4004, was conceived by Ted Hoff and Stanley Mazor. 
Image Source: Intel Timeline (PDF)


Generasi Kelima: Kecerdasan Buatan (Present and Beyond)
     Perangkat komputasi generasi kelima berdasarkan kecerdasan buatan, masih dalam pengembangan meskipun ada beberapa aplikasi, seperti pengenalan suara yang sedang digunakan saat ini. Penggunaan pemrosesan paralel dan superkonduktor membantu membuat kecerdasan buatan menjadi kenyataan.
     Komputasi kuantum dan molekuler dan nanoteknologi akan secara signifikan mengubah wajah komputer di tahun-tahun mendatang. Tujuan dari komputasi generasi kelima adalah untuk mengembangkan perangkat yang merespon input bahasa alami dan mampu belajar dan mengatur diri sendiri.
     Beberapa kontribusi utama komputer generasi kelima:
  1. Penggunaan konsep Artificial Intelligence dalam Expert system, pattern recognition, voice recognition, signaturing capturing dan sejumlah pengembangan lainnya dalam bidang komputer merupakan keistimewaan sendiri
  2. Perkembangan komputer dalam tingkat lanjut yang sangat pesat  

Referensi
  • Webopedia.com.(2010,22 Januari). The Five Generations of Computers. diakses pada 22 Oktober 2019, dari https://www.webopedia.com/DidYouKnow/Hardware_Software/FiveGenerations.asp
  • Syahrul.2010.Organisasi dan Arsitektur Komputer.Indonesia:Andi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar